Home > Nasehat > Urgensi Mengkaji Sirah Nabawiyah

Urgensi Mengkaji Sirah Nabawiyah

September 18, 2008 Leave a comment Go to comments

Saudaraku, Rasulullah Muhammad adalah teladan yang sempurna bagi manusia. Apalagi kita sebagai seorang Muslim yang telah bersyahadat atas Rasulullah, kewajiban kita telah jelas untuk tunduk dan patuh pada perintah Allah dengan ber-suri teladankan Rasulullah. Sebagaimana yang Allah isyaratkan dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ ayat 59: “ ”atiullaha wa ‘atiurrasuul, wa ulil amri minkum “.

Maka, mengapa Allah mengutus Nabi dan Rasul dari golongan manusia? Bukan dari golongan malaikat, jin, atau makhluk Allah yang lainnya? Jawabannya adalah karena yang akan dididik dan dibimbing adalah manusia, maka tidak akan masuk akal jika manusia harus meneladani malaikat yang notebenenya sama sekali tidak punya nafsu. Bisa berabe ntar…

Nah…betapa bijak, arif, dan mengertinya Allah dengan kita, manusia. ya iya lah…kita kan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dan diciptakan dengan sebaik-baik bentuk (baca QS At Tiin). Dan Allah tidak akan menciptakan sesuatu dengan sia-sia.

Lalu, saudaraku…

Salah satu yang sangat penting bagi kita sebagai seorang muslim yang beriltizam dengan Islam adalah mengkaji Sirah Nabawiyah sebagai jalan untuk mengetahui perjalanan hidup dan mencontoh tauladan kita yang mulia ini.

Secara umum, kata-kata Sirah Nabawiyah mengandung makna sebuah seri perjalanan hidup seorang manusia pilihan yang menjadi parameter hakiki dalam membangun potensi umat. Sehingga, mempelajarinya bukan sekadar untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa itu. Melainkan, mengkajinya untuk menarik pelajaran dan menemukan rumusan kesuksesan generasi masa lalu untuk diulang di kehidupan kiwari.

mengkaji Sirah Nabawiyah berarti kita memperoleh gambaran yang utuh dan paripurna tentang hakikat Islam dan terbangun semangatnya untuk merealisasikan nilai-nilai yang didapat dalam kehidupannya saat ini. Apalagi sasaran utama dari kajian sirah adalah mengembalikan semangat juang untuk merebut kembali kejayaan yang pernah dimiliki umat Islam. Secara umum, kepentingan kita mengkaji sirah nabawiyah, adalah :

1. Memahami pribadi Rasulullah SAW sebagai utusan Allah (fahmu syakhshiyah ar-rasul).

2. Mengetahui contoh teladan terbaik dalam menjalani kehidupan ini (ma’rifatush shurati lil mutsulil a’la).

(to be continued…) // catatan seorang teman

Categories: Nasehat
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: